Fasilitator yang menarik di Outbound Malang

Fasilitator yang menarik di Outbound Malang

Salah satu kunci kesuksesan dari sebuah acara training seperti Outbound, di pastikan oleh keteladanan seorang fasilitator. Dari mulai opening & conditioning menyuguhkan tantangan, simulasi, debriefing sampai keluar hampir semuanya di miliki oleh seorang  fasilitator. Istilah fasilitator ini di dunia Outbound lebih familier di antara dengan istilah yang lain seperti pengarahan, mentor, atau istilah yang lain, karena pada dasarnya dia lebih banyak menyuguhkan Fasilitator Outbound Malang di antara dengan pemandu, sesuai kaidah dasar pelatihan Outbound.

Mengingat arti penting seorang Fasilitator bagi keberhasilan kegiatan Outbound Training, sudah tentu seorang Fasilitator harus mempunyai berbagai kompetensi, sebab tugasnya tidak sekedar memberikan simulasi atau tantangan, tapi sekaligus juga ikut menjaga keselamatan para peserta dari faktor-faktor yang bisa membahayakan peserta. Tugas & tanggung jawabnya juga membawa simulasi tepat sasaran dengan hasil akir seperti yang diinginkan oleh klien.

Ada berbagai syarat seseorang bisa menjadi Fasilitator Outbound yang dalam hal ini bisa di lihat menjadi dua :

Persyaratan umum :

  1. Mempunyai rasa percaya diri
  2. Memiliki ketrampilan komunikasi yang baik
  3. Berwawasan luas dan bisa bersikap obyektif
  4. Bersikap ramah dan mempunyai selera humor
  5. Memiliki ketrampilan interpersonal yang baik
  6. Sanggup memimpin simulasi dan mengarahkan diskusi
  7. Bisa tanggap/peka terhadap kondisi peserta serta kelompok
  8. Sanggup berpenampilan menarik, sanggup bersikap tegas.

Persyaratan khusus

  1. Memiliki pengetahuan dan ilmu tentang methoda materi Experiential Learning sebagai basic keilmuan Outbound, termasuk didalamnya tentang Teknik Fasilitasi, Sequen, Refleksi, Metafora, Debriefing.
  2. Mempunyai latar pendidikan atau melengkapi keilmuan dasar-dasar Psikologi seperti dinamika kelompok seperti Forming, Storming, Norming, Performing dan dasar-dasar Management seperti Planing, Organising, Actuating, Controling.
  3. Mempunyai ketrampilan pelengkap seperti Safety Awareness, Fisrt aids, High Rope, sebagai langkah antisipatif karena kegiatan ini notabene labih banyak dilakukan dengan media outdoor.

Peran seorang Fasilitator adalah sebagai berikut :

  1. Mendepani, melindungi, memantau simulasi atau permainan sehingga pelaksanaan permainan berjalan sesuai setelan main, menjamin tidak ada penyimpangan
  2. Mendepani diskusi grub, mengatur lancarnya kumpulan memantau tidak ada dominasi, menjadi mediator agar diskusi berjalan sehat,
  3. Memantau kenyamanan sesuai safety procedure, menentukan tidak ada kesalahan yang bisa beresiko, terutama di kawasan high rope.
  4. Membantu, membimbing, mengarahkan, memberdayakan dan memberi tantangan peserta untuk mencapai sasaran.
  5. Melakukan pengamatan, observasi serta penilaian, membantu psikolog dalam melaksanakan
  6. Membantu Course Director melaksanakan program sesuai Itinenary yang sudah dibuat, sehingga Objective program tercapai.

Dari uraian tentang Persyaratan dan Peran Fasilitator Outbound tergambar bagaimana seorang Fasilitator yang ideal & kompeten. Fasilitator kompeten hanya ada di Provider Outbound yang kompeten serta professional. Berikut referensi Provider Outbound yang kompeten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *